13 AUGUST 2015

Gunung Favorit di Indonesia Bagi para Pendaki

Saat ini mendaki gunung merupakan aktivitas favorit bagi para anak muda di Indonesia. Bahkan para pelajar dan mahasiswa menghabiskan masa liburan mereka dengan mendaki gunung. Mendaki gunung bisa membuat pikiran tenang dan menghilangkan penat karena bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan, itu sebabnya mendaki gunung menjadi olahraga yang digemari anak muda saat ini. Keindahan alam gunung bisa membuat siapa saja jatuh cinta dan membuat ingin kembali lagi untuk menginjakkan kaki di tanah pegunungan.

Di Indonesia ada banyak sekali gunung yang indah untuk di daki, bahkan beberapa diantaranya memiliki jalur yang tidak berat sehingga cocok bagi pemula. Namun diantara banyaknya gunung di Indonesia, ada beberapa gunung yang menjadi gunung favorit bagi para pendaki.

Gunung Terindah di Indonesia yang Menjadi Gunung Favorit Pendaki

1.     Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Lombok memang terkenal dengan keindahan alamnya. Salah satu lokasi dengan keindahan alam yang menakjubkan di Lombok adalah gunung Rinjani. Gunung ini memiliki ketinggian 3.726 m dari permukaan laut (mdpl) dan merupakan gunung berapi tertinggi ke 2 di Indonesia. Keindahan gunung ini sangat menakjubkan sehingga menjadi gunung favorit bagi para pendaki di Indonesia.

2.     Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung semeru merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa. Puncak Gunung Semeru dikenal dengan sebutan Mahameru. Gunung ini memiliki ketinggian 3.676 m dari permukaan laut (mdpl). Gunung ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Keindahan tersebut semakin bertambah dengan adanya Ranu Kumbolo yang merupakan sebuah danau indah yang berada di Gunung Semeru. Selain itu daya tarik lain dari gunung ini adalah adanya bukit cinta, yaitu bukit yang bentuknya menyerupai bentuk hati. Gunung semeru dikelilingi dengan kawasan hutan dan bukit, sehingga para pendaki akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah selama dalam perjalanan menuju puncak.

3.     Gunung Jaya Wijaya, Papua

Puncak Jaya Wijaya adalah salah satu gunung favorit bagi para pendaki di Indonesia dengan ketinggian 4.884 mdpl. Puncak Jaya Wijaya adalah satu-satunya gunung yang mempunyai salju di Indonesia. Tentunya hal ini merupakan pengalaman yang sangat langka bagi para pendaki di Indonesia untuk menikmati suasana gunung bersalju.

4.     Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif di Jawa Timur. Gunung Bromo merupakan tempat favorit bagi wisatawan. Keindahan gunung Bromo sangat terkenal bahkan sampai ke luar negeri, hal itu bisa dilihat dari banyaknya wisatawan asing yang datang ke Gunung Bromo. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 mdpl sehingga cocok bagi pendaki pemula. Sunrise di Gunung Bromo mampu membuat siapa saja terpesona ketika melihatnya. Gunung ini semakin indah karena memiliki lautan pasir yang indah yang membentang sekitar 10 kilometer.

5.     Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Gunung Kelimutu merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia yang terletak di Dsa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 1.639 mdpl sehingga cocok bagi pendaki pemula karena tidak terlalu tinggi dan mempunyai jalur yang landai. Gunung ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga buah danau di kawah puncaknya. Tiga danau tersebut berwarna merah, biru dan putih dan selalu berubah warna seiring berjalannya waktu. Nama“Kelimutu” berasal dari dua suku kata yaitu “Keli” yang berarti gunung dan “Mutu” yang berarti mendidih.

Masyarakat setempat percaya bahwa warna-warna di danau tersebut memiliki kekuatan alam yang dahsyat.