19 AUGUST 2015

Menjelajah Negara Kepulauan PALAU

Bagi sebagian besar mungkin merasa asing tentang negara yang satu ini. JIka pernah menonton film Journey 2 : The Mysterious Island yang dibintangi oleh Josh Hutcherson dan Dwayne Johnson pasti pernah mendengar negara ini dikunjungi di awal-awal film sebelum mereka memasuki pulau misterius. Palau sebenarnya bukanlah negara yang jauh melainkan merupakan salah satu negara tetangga dari Indonesia. Palau terletak di Samudera Pasifik tepatnya di sebelah utara dari provinsi Papua Barat. Karena termasuk dekat dengan Indonesia maka tidak ada salahnya untuk menjadikan Palau sebagai salah satu destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi.

Menuju Palau

Bagi yang belum tahu bagaimana caranya untuk dapat pergi ke negara kepulauan ini, Palau dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat. Jika berangkat dari Jakarta maka umumnya akan melakukan beberapa perhentian seperti di Singapura, Filipina, dan Hongkong. Meski perjalanan yang ditempuh cukup panjang dengan beberapa perhentian tetapi jika telah mendarat di Koror maka semuanya akan terbayarkan. Untuk dapat berpetualang di Palau, paspor Indonesia mendapatkan fasilitas bebas visa selama tiga bulan. Bahasa resmi di sana adalah bahasa Inggris sehingga tidak akan terlalu sulit jika harus berkomunikasi dengan warga lokal. Transportasi yang biasa digunakan bagi para pendatang adalah taksi yang tidak menggunakan argo. Transportasi umum lainnya masih belum ditemukan di negara kepulauan ini. Negara ini umumnya terdiri dari 8 pulau besar dengan 250 pulau kecil lainnya sehingga pemandangan alamnya cukup indah. Beberapa keunikan yang ditemui di Palau adalah meski kendaraan di sana berjalan pada sisi kanan jalan tetapi posisi kemudinya tetap berada di kanan beda dengan Indonesia yang memiliki kemudi di kanan dan berjalan di sisi kiri jalan.

Negara Kepulauan Palau

Negara kepulauan yang memiliki ibu kota di Ngerulmud ini memiliki pantai-pantai yang indah. Pantai-pantai tersebut juga semakin lengkap dengan adanya 200 pulau kecil tanpa penghuni yang berkumpul menjadi satu, Rock Islands. Pantai-pantai di kumpulan tersebut dapat dijadikan tempat bersantai dan karena biasanya sepi maka akan terasa seperti milik sendiri. Di Rock Islands ini, pengunjung dapat melakukan banyak aktivitas air seperti berenang, memancing, dan snorkeling. Palau sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Keindahannya bahkan sampai membuat Palau diakui sebagai tujuh keajaiban bawah air di dunia. Bagi yang hobi diving maka area yang paling sering dikunjungi para pengunjung adalah Blue Corner. Di sini ketika melakukan diving, pengunjung akan sering menjumpai sekumpulan ikan yang berenang bersamaan. Kumpulan ikan ini dapat ditemui dengan beraneka ragam jenis dan ukuran. Airnya yang bening dengan batu-batu karang yang sehat nan indah dapat memanjakan para pengunjung yang melakukan snorkeling. Ikan-ikan yang sangat banyak di Rock Islands juga akan membuat setiap orang yang hadir tidak akan pernah berhenti untuk mengaguminya. Bagi yang suka bersantai di pantai juga akan dapat mendengar kicauan burung-burung serta pemandangan laut yang indah.

Danau dengan Ubur-ubur

Pesona Rock Islands juga menghadirkan sebua danau yang sering dikunjungi oleh berbagai orang dari negara-negara di dunia. Danau di Rock Islands dapat ditemukan berjuta-juta ubur-ubur yang sangat lembut dan tidak menyengat sehingga para pengunjung dapat berenang bersamanya. Ubur-ubur di danau ini sengaja dilestarikan agar dapat menjadi salah satu daya tarik untuk mengundang banyak turis. Di danau ini juga, para pengunjung dapat melakukan diving baik memilih untuk menyelam yang dangkal maupun dalam. Selain keindahan alam, Palau juga menghadirkan wisata kebudayaan penduduk setempat yang dapat dikunjungi di desa Babeldaob. Setelah mengenal negara tetangga Palau ini, kini biarkan Palau masuk menjadi salah satu tujuan wisata pada liburan mendatang.