02 SEPTEMBER 2015

Tata Krama Traveling di Jepang

Traveling ke Jepang tentu akan memberikan pengalaman yang mengesankan. Terlebih lagi jika Anda begitu menyukai Negri Sakura ini. Jepang memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Asia saat musim liburan tiba. Banyak pelancong baik dari sesama orang Asia maupun dari berbagai negra lain yang berlibur di negara kecil nan maju ini. Jepang sangat terkenal sebagai negara dengan atraksi wisata yang cukup banyak, mulai dari wisata alam, sejarah, misteri, budaya, teknologi, dan masih banyak atraksi wisata lainnya. Dukungan sistem transportasi dan komunikasi canggih kian membantu para wisatawa selama liburan di Jepang. Masyarakatnya yang ramah menjadi kenyamanan tersendiri bagi wisatawan yang sedang berlibur di Jepang.

Namun ada satu hal yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk pergi liburan ke Jepang, yaitu Jepang sangat terkenal sebagai negara yang memiliki aturan yang wajib dipatuhi, termasuk oleh para wisatawan. Nah, agar Anda tetap nyaman selama liburan ke Jepang, silahkan Anda simak beberapa tips jaga kesopanan selama liburan di Jepang berikut ini.

Menyeberanglah di Zebra Cross setiap kali Anda akan menyeberang jalan

Masyarakat Jepang terkenal sangat disiplin dan teratur. Salah satunya yaitu ketika akan menyeberang jalan raya. Mereka selalu menyeberang jalan di zebra cross. Demikian juga dengan Anda para wisatawan yang sedang liburan di Jepang. Ketika Anda akan menyeberang jalan, Anda wajib menyeberang di zebra cross. Hindari menyeberang jalan sembarangan karena jika Anda melakukannya, siap-siap saja Anda dikenai denda atau sedikitnya Anda akan dianggap aneh oleh masyarakat lokal. Jadi, perhatikan ini ketika Anda sedang traveling ke Jepang.

Jangan merokok di sembarang tempat

Jepang sangat menghormati warganya yang merokok dan warganya yang tidak merokok. Jepang menyediakan tempat tersendiri bagi siapa pun yang ingin merokok. Jika ada yang diketahui ada yang merokok di sembarang tempat, ia akan dikenai denda. Nah, jadi bagi Anda yang ingin merokok ketika sedang liburan di Jepang, sebaiknya bergegaslah mencari spot khusus yang disediakan untuk para perokok. Di dalam area khusus untuk perokok ini, tersedia tempat untuk membuang puntung rokok dan abu rokok.

Buanglah sampah di tempatnya

Ketika Anda akan membuang sampah, buanglah sampah pada tempatnya. Tempat sampah di Jepang dibedakan berdasarkan jenis sampahnya (sampah organik, sampah anorganik/ plastik, kaca, dll). Pastikan Anda membuang sampah di tempat yang sesuai dengan jenis sampahnya.

Disiplin dalam antrean

Di Jepang tidak ada istilah ‘memotong’ antrean. Semua orang yang mengantre terlihat sabar menunggu antrean sesuai dengan posisi antreannya. Mengantre di loket tiket subway, misalnya, adalah contoh antrean yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jepang. Jangan pernah memotong antrean jika tidak ingin ditegur oleh petugas atau orang lain sesama pengantre.

Melepas sepatu atau alas kaki ketika masuk ke dalam rumah

Ketika Anda diajak oleh teman untuk berkunjung ke rumah masyarakat Jepang, Anda wajib melepas sepatu atau jenis alas kaki lainnya (kaos kaki diperbolehkan). Pastikan juga bahwa kaos kaki yang Anda pakai adalah kaos kaki yang bersih.

Sebaiknya jangan memberi uang tip

Biasanya saat kita makan di restoran, kita terbiasa memberikan uang tip pada pelayan sebagai tanda terima kasih. Demikian juga ketika kita sedang menginap di hotel, kita sering memberikan uang tip pada petugas hotel. Jauh berbeda dengaan ketika kita liburan di Jepang. Janganlah sekali-kali Anda memberikan uang tip pada pelayan restoran atau petugas hotel di Jepang karena dianggap menghina atau merendahkan martabat masyarakat Jepang.