09 JULY 2015

Todaiji Temple, Wisata Nara Yang Mengagumkan

Jepang termasuk negara yang paling sering dikunjungi banyak orang untuk wisata. Tidak hanya menuju ke Tokyo setiap kali hendak ke Jepang. Merapatlah ke Nara yang dulu pernah menjadi ibukota Jepang di tahun 710 sampai dengan tahun 784. Sebagai kota bersejarah, maka jelas ada tujuan wisata bersejarah pula di Nara. Lalu apa itu, salah satunya yang harus Travellers kunjungi adalah Todaiji Temple. Salah satu kuil yang akan memberikan kejutan bagi setiap wisatwan yang berkunjung ke sana. Todaiji temple, merupakan kuil yang sangat terkenal di Nara sendiri bahkan seluruh Jepang. Mengapa, simak ulasannya berikut ini.

Halaman Todaiji Temple Yang Mengagumkan

Sebelum masuk ke Todaiji Temple, setelah membeli tiket yang seharga lima ratus Yen, Travellers dapat menikmati pemandangan di sekitar halaman Todaiji Temple. Tidak perlu terburu-buru untuk masuk. Nikmati setiap pemandangan yang sangat indah di halaman Todaiji Temple. Ingin mengambil foto pun dibebaskan dan tidak dikenakan biaya tambahan. Bahkan ketika sudah masuk ke Todaiji Temple, berfoto sepuasnya juga tidak akan dilarang. Jadi, tidak perlu sembunyi-sembunyi untuk mengambil foto.

Todaiji Temple, Rumah Daibutsu

Daibutsu adalah sebutan bagi patung Budha yang ada di dalam Todaiji Temple. Lebih tepatnya adalah rumah khusus untuk patung Budha terbesar yang ada di Jepang. Masuk ke Todaiji Temple langsung disambut dengan Daibutsu. Daibutsu sudah masuk dalam warisan budaya UNESCO. Berbicara mengenai ketinggian patung Budha tersebut, maka dikatakan memiliki tinggi hingga mencapai lima belas meter.  Di dalam Todaiji Temple ada beberapa buah patung Budha bahkan terdapat telapak tangan Budha. Namun biasanya yang menjadi perhatian ketika masuk ke Todaiji Temple adalah keberadaan Daibutsu. Selain banyak orang yang takjub dengan keberadaan Daibutsu, beberapa wisatan asli Jepang pun selalu terlihat memulai ritual membaca doa dengan dupa sebelum berkeliling di dalam Todaiji Temple. Mereka berdoa di depan Daibutsu tersebut. Meskipun keyakinan mayoritas orang Jepang adalah Shinto, namun beberapa penduduk Jepang juga menganut keyakinan Budha dan menyempatkan berdoa di hadapan patung Budha atau Daibutsu tersebut.

Terdapat Penjual Jimat Di Dalam Todaiji Temple

Persisi di dalam Todaiji Temple, Travellers tidak perlu kaget ketika menjumpai ada penjual souvenir di dalam kuil dan juga penjual jimat. Namun yang akan dibahas disini lebih kepada penjual jimat. Ketika berwisata saat bersamaan dengan musim libur atau akhir pekan, maka penjual jimat akan dikerubungi oleh para wisatawan asli Jepang. Mereka membeli jimat kepada kakek tua, sebagai penjualnya. Kemudian si kakek tua akan menuliskan sesuatu di jimat tersebut. Dan mereka akan menggantungnya di pohon bambu tidak jauh dari tempat penjualan jimat itu berada dan juga tidak jauh dari Daibutsu. Konon jimat tersebut mampu mengambulkan kebaikan yang diinginkan dari orang yang menginginkan jimat keberuntungan tersebut. Namun sekali lagi, itu adalah keyakinan bagi masyarakat Jepang.

Keberadaan Daibutsu di dalam Todaiji Temple sendiri dikabarkan adalah yang pertama kali ada dan terbesar di Nara. Sehingga tidak heran setiap kali hendak wisata ke Nara, orang selalu tidak lupa untuk menyempatkan mampir ke kuil Budha tersebut. Apalagi untuk menuju ke Todaiji Temple, sebelumnya akan disuguhi oleh pemandangan berupa rusa-rusa jinak yang berkeliaran di sekitar luar kuil. Dan jangan lupa untuk membeli souvenir yang pastinya menunggu untuk Travellers beli selepas keluar dari Todaiji Temple atau disekitar wisata Nara Park. Siapkan waktu untuk segera terbang ke Jepang dan melihat langsung Daibutsu di Todaiji Temple.