27 JULY 2015

Yuk, Backpacker-an ke Singapore

Objek wisata di Indonesia memang ga ada habisnya. Masih banyak tempat-tempat yang tersembunyi yang berpotensi untuk jadi objek wisata keren dan menambah surga pariwisata di Indonesia. Tapi sekali-kali nyobain main ke luar negeri juga ga ada salahnya kan. Salah satu destinasi wisata favorit di Asia adalah apalagi kalau bukan ke Singapur. Untuk masyarakat Indonesia sendiri Singapur merupakan angin segar bagi mereka yang pengen liburan eksotis ala Eropa tapi waktu dan dana ga mencukupi. Singapur memang dikenal sebagai pusat perbelanjaan untuk barang-barang mewah dengan merk terkenal bagi warga Asia sebagai alternatif dari negara Eropa. Terdengar mahal? Jangan khawatir buat kamu yang cuma punya budget minim juga bisa kok menikmati liburan ke Singapura. Cara berwisata ala backpacker kini memang sedang jadi tren, meski budget minim bukan berarti kepuasan juga sedikit. Ini nih tipsnya kalau kamu mau backpacker-an ke Singapura.

Bawa botol kosong

Air minum sudah pasti jadi kebutuhan paling penting buat semua orang. Nah, berhubung ada aturan tentang bawa air minum ke Singapura, kamu cukup bawa botol kosong yang bisa dimasukkan ke tas untuk dibawa ke mana-mana. Ga perlu takut kehausan, di Bandara Changi saja sudah banyak kok keran air minum yang bisa langsung diminum airnya. Di beberapa spot di Singapura juga sudah disediakan keran serupa yang ga perlu bayar. Meski bisa langsung diminum, kamu harus tetap pilih-pilih keran jangan pilih keran yang kotor atau sudah karatan.

Jangan langsung keluar dari bandara

Bandara Changi adalah salah satu bandara terbaik di dunia baik dari segi fasilitas, kebersihan, pelayanan, bahkan desainnya pun oke banget. Selain kamu bisa meluangkan waktu buat foto-foto, ada baiknya kamu mengenali tata letak di bandara yang luas itu terutama untuk terminal keberangkatan nanti waktu mau balik ke Indonesia. Di bandara juga disediakan peta gratis yang bisa kamu ambil untuk bekal perjalanan muter-muter di Singapura.

Ke mana-mana naik MRT

Sistem transportasi di Singapura sudah canggih dan terpadu, salah satunya adalah alat transportasi masal MRT yang stasiunnya banyak bisa ditemukan di dekat objek-objek wisata jadi kamu cukup jalan-jalan sedikit. Untuk membayar tariff MRT, pemerintah Singapura sudah menyediakannya dalah bentuk 3 jenis pembayaran yaitu Standard Ticket, EZ Link Card, dan Singapore Tourist Pass. Masing-masing jenis pembayaran ada jangka waktunya sendiri yang paling direkomendasikan untuk turis ya Singapore Tourist Pass.

Penginapan di bawah satu juta

Singapur menjadi salah satu negara tujuan favorit bagi para backpacker karena itu ada banyak penginapan murah di bawah satu juta yang cocok buat turis kayak kamu. Penginapan di bawah satu juta ini macam-macam ada yang model dorm dan ada juga penginapan-penginapan murah yang letaknya di red light district. Kalau kamu rame-rame sih lebih enak menginap di dorm yang memberikan beberapa tempat tidur dalam satu kamar yang cukup nyaman dan memadai untuk sekedar istirahat. Untuk pemesanan hostel / guesthouse, bisa via GoodViewtravel juga 

Hidup dari junk food

Sesekali nyobain kuliner Singapura yang jadi ciri khas sih boleh saja, tapi sekali makan di resto bisa menghabiskan uang sampai 15 SGD. Solusinya ya makan junk food seperti di waralaba ayam goreng atau makan di food court. Untuk makanan yang halal, di Singapura ada kok tempat makan masakan Indonesia tapi ga selalu bisa dijangkau dengan jalan kaki. Jadi, anda harus siap berjalan banyak.