30 JULY 2015

Yuk, Kenali 4 Musim di Jepang

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis dan hanya memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim hujan (ga termasuk musim durian, musim rambutan, apalagi musim kawin). Kadang kita dibikin penasaran gimana rasanya tinggal di negara dengan 4 musim. Kamu bisa nyoba main ke Jepang kalau mau tau cara hidup orang dengan 4 musim. Liburan ke Jepang memang membutuhkan budget yang lebih karena biaya hidup di sana cukup tinggi. Tapi bolehlah nabung lebih lama untuk menyicipi uniknya negeri Sakura satu ini. Kapan sih kira-kira waktu yang tepat untuk liburan ke Jepang?

Hanami di musim semi

Hanami adalah event untuk melihat bunga sakura yang sedang mekar di musim semi yaitu antara bulan Maret-Mei. Orang Jepang memang suka sekali piknik di bawah pohon-pohon sakura yang pink sambil menikmati makanan, mengobrol atau bahkan berpesta. Kamu juga bisa menikmati saat bunga Sakura sedang mekar penuh tergantung dari daerah tujuan wisata. Karena semakin ke selatan cuaca akan semakin hangat dan Sakura akan mekar lebih cepat. Bunga Sakura diperkirakan akan mekar penuh pada akhir Maret sampai awal April sedangkan bulan Mei adalah giliran Hokkaido yang berada paling di utara. Bunga Sakura juga mekar hanya selama satu – dua minggu saja tergantung dari jenis, lokasi, dan cuaca.

Ikut festival di musim panas

Musim panas di Jepang berlangsung dari bulan Juni hingga September yang suhunya bisa mencapai 40oC. Waktu yang ga tepat untuk liburan? Justru di musim panas ini masyarakat Jepang seperti berapi-api untuk bersenang-senang. Bertepatan dengan liburan sekolah, musim panas di Jepang biasanya dipenuhi dengan festival-festival musim panas yang dikenal dengan sebutan matsuri. Ga tahan dengan festival yang menggebu-gebu kamu bisa cooling down sebentar di waterpark yang hanya dibuka selama musim panas saja. Daerah paling selatan di Jepang yaitu Okinawa merasakan musim panas lebih awal, kamu bisa menikmati alam pantai yang indah dan bersih di Okinawa untuk ikut merasakan suasana liburan musim panas.

Masuk ke dunia lain di musim gugur

Seperti layaknya musim gugur di negara lain, di Jepang pun warna daun mulai mengalami perubahan di musim ini. Selain hanami, masyarakat Jepang juga punya budaya sendiri untuk menikmati keindahan perubahan warna daun yang disebut dengan momijigari. Berbeda dengan hanami yang ramai dan sedikit meriah, momijigari lebih memberikan suasana yang kalem dan tenang dan merupakan waktu yang pas untuk refleksi diri. Beberapa spot di kota-kota besar di Jepang akan dilengkapi dengan lighting yang akan meningkatkan suasana kalem dan romantis musim semi dengan hawa yang sudah mulai dingin.

Main salju di musim dingin

Bulan Desember hingga Januari adalah saat yang tepat untuk menikmati musim dingin di Jepang apalagi di Hokkaido. Sedangkan di kota-kota besar seperti Tokyo atau Osaka, saljunya cenderung cepat meleleh sehingga jarang ada salju menumpuk kecuali sedang ada badai. Di Hokkaido ada banyak atraksi musim dingin yang bisa kamu nikmati antara lain adalah bermain ski, menikmati festival es di mana para pemahat es dari seluruh dunia berlomba menciptakan kreasi dari es yang luar biasa indah dan luar biasa besar. Suasana natal juga akan kerasa lebih greget di Hokkaido karena gaya arsitekturnya yang sedikit mirip dengan gaya rumah-rumah kecil ala Eropa, sehingga kamu bisa menikmati White Christmas di sini